Jumat, 04 November 2011

Pendidikan - UAD (Universitas Ahmad Dahlan)

Universitas Ahmad Dahlan adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Yogyakarta, Indonesia.
Universitas Ahmad Dahlan mengembangkan bidang keahlian atau program studi-program studi dalam bidang teknologi (technological sciences) maupun bidang sosial dan humaniora (social sciences).

Daftar isi

 [sembunyikan

[sunting] Sejarah Singkat

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) merupakan pengembangan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Yogyakarta, Institut Keguruan dan Ilmu Pnedidikan Muhammadiyah Yogyakarta sebagai lembaga Pendidikan Tinggi merupakan pengembangan FKIP Muhammadiyah Cabang Jakarta di Yogyakarta yang didirikan pada tanggal 18 November 1960. FKIP Muhamadiyah merupakan kelanjutan kursus BI Muhammadiyah di Yogyakarta yang didirikan tahun 1957, pada waktu itu kursus BI memiliki Jurusan Ilmu Mendidik, Civic Hukum dan Ekonomi.
Pada tanggal 19 Desember 1994 dengan Surat Keputusan (SK) Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 102 /D0/1994 diterapkan bahwa IKIP Muhamadiyah Yogyakarta beralih Fungsi menjadi Universitas Ahmad Dahlan.

[sunting] Sejarah Kepemimpinan

Dengan berpedoman pada Qo’idah Perguruan Tinggi Muhammadiyah maka pergantian pimpinan tidak menimbulkan masalah - masalah yang besar, sampai saat ini telah terjadi pergantian pimpinan sebagai berikut :
  • Kurun waktu 1960 sampai 1972 Rektor IKIP Muhammadiyah dijabat oleh Prof. Faried Ma’roef
  • Kurun waktu 1972 sampai 1982 rektor dijabat oleh H. Muhammad Wazil Azi, S.H.
  • Kurun waktu 1982 sampai 1984 rektor dijabat oleh Rektorium dengan ketua rektorium Drs. H. Ali Warsito.
  • Kurun waktu 1982 sampai 1990 rektor dijabat oleh Prof. Drs.R.H.Sukirin.
  • Kurun waktu 19990 sampai 1995 IKIP Muhamaddiyah Yogyakarta dijabat oleh Prof. Dr. H. Noeng Muhadjir. Dibawah kepemimpinan Prof. Dr. H. Noeng Muhajir dirintis pengembangan IKIP Muhamadiyah untuk menjadi Universitas Ahmad Dahlan. Pada tanggal 19 Desember 1994 secara resmi IKIP Muhamaddiyah Yogyakarta menjadi Universita Ahmad Dahlah.
  • Pada tahun 1995 sampai 1999 rektor Universitas Ahmad Dahlan dijabat oleh Prof. Dr.H. Noeng Muhajir.
  • Tahun 1999 sampai 2007 (dua periode) Rektor Universitas Ahmad Dahlan dijabat oleh Prof. Dr. H. Sugiyanto, S.U.,
Mulai tahun 2007 sampai 2011 Drs. H. Kasiyarno, M.Hum. diberikan amanah untuk menjadi Rektor Universitas Ahmad Dahlan.

[sunting] Tujuan

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) adalah Universitas yang tujuan pendidikannya merupakan penjabaran dari Tujuan Pendidikan Nasional dan Tujuan Pendidikan Tinggi serta didasarkanpada Al-Qur’an dan As-Sunnah.
a. Tujuan Pendidikan Nasional
Tujuan Pendidikan Nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
b. Tujuan Pendidikan Tinggi
  • Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademikdan / atau profesional yang dapat menerapkan dan / atau menciptakan ilmu pengetahuan , teknologi dan / atau kesenian. [Prof. Ismail bin Mohd.dari Departement of Mathematics Faculty of Science and Technology , University Malaysia Trengganu, Kuala Trengganu Malaysia saat presentasi pada International Seminar On “Natural Sciences and Applied Natural Sciences” Workshop “Mathematics and Multimedia” yang diselenggarakan FMIPA.UAD, 17- 18 Februari 2007 di UAD]
  • Mengembangkan dan menyerbarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi dan/atau kesenian secara mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.
c. Tujuan Pendidikan UAD
  • Mendidik perserta didik untuk menjadi sarjana muslim yang beriman dan bertaqwa, berakhlaq mulia, yang mempunyai kemampuan akademik, profesional dan beramal menuju terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar–benarnya;
  • Membuat peserta didik menjadi kader pemimpin yang berkepribadian Muhammadiyah;
  • Mengembangkan dan menyebar luaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian dalam rangka memajukan Islam dan meningkatkan kesejahteraan umat manusia.
Tujuan Universitas secara khusus ditetapkan dengan pengembangan kelompok ilmu sejenis tersebut dalam pengembangannya berdasarkan aqidah Islam dan berdasarkan Pancasila.
Pola ilmiah Pokok Universitas adalah integritas Iptek-Seni, antisipasi layanan yang akademik, kepemimpinan Islam dan pengembangan ilmu menjadi Islam (Integrity of Science-Tehnology-Arts, dynamic service anticipation, leadership, and scientific development based on Islam).

[sunting] Fakultas

A. Fakultas Agama Islam (FAI)
1. Tafsir Hadits (S-1), Terakreditasi B
2. Bahasa dan Sastra Arab (S-1), Terakreditasi B
B. Fakultas Ekonomi (FE)
1. Ekonomi Pembangunan (S-1), Terakreditasi B
2. Manajemen (S-1), Terakreditasi B
3. Akuntansi (S-1), Terakreditasi B
C. Fakultas Farmasi (F Far)
1. Farmasi (S-1), Terakreditasi A
2. Program Profesi Apoteker
D. Fakultas Hukum (FH)
1. Ilmu Hukum (S-1), Terakreditasi B
E. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
1. Bimbingan Konseling (S-1), Terakreditasi A
2. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S-1), Terakreditasi B
3. Pendidikan Bahasa Inggris (S-1), Terakreditasi C
4. Pendidikan Bahasa Inggris (D-3)
5. Pendidikan Matematika (S-1), Terakreditasi B
6. Pendidikan Fisika (S-1), Terakreditasi B
7. Pendidikan Biologi (S-1), Terakreditasi C
8. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S-1), Terakreditasi B
9. PG SD
10.PG PAUD
F. Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM)
1. Ilmu Kesehatan Masyarakat (S-1), Terakreditasi B

G. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
1. Matematika (S-1), Terakreditasi B
2. Fisika (S-1), Terakreditasi C
3. Sistem Informasi (S-1)
4. Biologi (S-1), Terakreditasi B
H. Fakultas Psikologi (F Psi)
1. Psikologi (S-1), Terakreditasi A
I. Fakultas Sastra (FS)
1. Sastra Inggris (S-1), Terakreditasi B
2. Sastra Indonesia (S-1), Terakreditasi C
J. Fakultas Teknologi Industri (FTI)
1. Teknik Industri (S-1), Terakreditasi C
2. Teknik Informatika (S-1), Terakreditasi C
3. Teknik Kimia (S-1), Terakreditasi C
4. Teknik Elektro (S-1), Terakreditasi B
K. Program Pascasarjana
1. Magister Pendidikan Fisika (S-2)
2. Magister Psikologi (S-2)
3. Magister Pendidikan Bahasa Inggris (S-2)
4. Master Ilmu Kefarmasian (S-2)

[sunting] Program Pendidikan

1. Jenjang dan Program Pendidikan
Universitas Ahmad Dahlan menyelenggarakan program akademik dan program profesional dalam kelompok ilmu dengan landasan aqidah Islam dan asas Pancasila. Program pendidikan yang diselenggarakan mencakup program pendidikan akademik jenjang Strata 1 (S-1), program profesional Diploma III (D-3), Program Profesi bagi lulusan S­1 tertentu, dan Program Pascasarjana.
Program akademik jenjang Strata 1 (S-1) diarahkan pada hasil lulusan yang memiliki kualifikasi sebagai berikut.
a. Mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi yang dimilikinya sesuai dengan bidang keahliannya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat.
b. Menguasai dasar-dasar ilmiah dan pengetahuan serta metodologi bidang keahlian tertentu sehingga mampu menentukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada di dalam kawasan keahliannya.
c. Menguasai dasar-dasar ilmiah sehingga mampu berpikir, bersikap dan bertindak sebagai ilmuwan
d. Mampu mengikuti perkembangan pengetahuan dan teknologi sesuai dengan bidangnya.
Program profesional jenjang Diploma III (D-3) diarahkan pada hasil lulusan yang memiliki kemampuan dalam bidang kerja yang bersifat rutin, ataupun tidak rutin secara mandiri, mampu melakukan pengawasan dan bimbingan serta mempunyai keterampilan manajerial.
Saat ini UAD telah menyelenggarakan pendidikan profesi Apoteker. Pendidikan Profesi Apoteker hanya diperuntukkan bagi lulusan S-1 Pro­gram Studi Farmasi.
Mahasiswa yang telah menyelesaikan seluruh kurikulum dan persyaratan akademik lainnya untuk jenjang program Strata 1 (S-1) diberikan gelar akademik Sarjana, sedangkan Mahasiswa Pascasarjana yang telah menye­lesaikan seluruh kurikulum dan persyaratan akademik lainnya untuk jenjang program Strata 2 (S-2) diberikan gelar akademik Magister. Sebutan gelar dan cara pemakaiannya serta penyingkatannya diatur sesuai dengan Peraturan Pemerintah yang berlaku.
2. Pelaksanaan Program
a. Awal Penyelenggaraan Pendidikan
Penyelenggaraan pendidikan di UAD diawali dengan seleksi penerimaan mahasiswa baru, pindah program atau alih jenjang dari Di­ploma III (D-3) ke Strata 1 (S-1), kegiatan ini dilaksanakan antara awal bulan Mei s.d. akhir Agustus pada stiap tahun. [Laboratorium Komputer]
b. Tahun Akademik
Tahun Akademik penyelenggaraan pendidikan dimulai awal bulan Septem­ber dan berakhir pada bulan Juni tahun berikutnya yang terbagi dalam dua semes­ter, semester gasal dan semester genap.
c. Bentuk Kegiatan Pendidikan
Pendidikan diberikan dalam bentuk kuliah, yang dapat diperkaya dengan seminar, praktik laboratorium, atau praktik lapang­an dan kegiatan ilmiah lainnya. Semua kegiatan pendidikan tersebut dilaksanakan berdasarkan kurikulum yang telah disusun. Selain diberikan mata kuliah yang berdasar _ pada kurikulum, khusus untuk mata kuliah AI Islam dan Kemuhammadiyahan juga diselenggarakan dalam bentuk sertifikasi yang diberikan pada setiap semester genap. Tujuan program sertifikasi adalAh untuk mengembangkan moralitas dan kepribadian mahasiswa sesuai dengan aqidah Islam.

[sunting] Lokasi Kampus

  • KAMPUS I Jalan Kapas No.9, Semaki, Umbul Harjo Yogyakarta 55165 Fakultas : FAI, FPsikologi, FE
  • KAMPUS II Jalan Pramuka No.2, Sidikan, Umbul Harjo Yogyakarta 55161 Fakultas : FKIP, FH, FSastra
  • KAMPUS III Jalan. Prof. Dr. Soepomo, Janturan,Umbul Harjo Yogyakarta 55164 Fakultas : FTI, FMIPA, FFarmasi, FKM
  • RUSUNAWA Persada Kampus IV UAD Jln. Ringroad Selatan

[sunting] Situs Resmi

Situs Utama (HOME PAGE)
Situs PMB
Situs Fakultas Dan Prodi
Office Of International Affairs
Situs Portal KRS dan Nilai Mahasiswa
Situs E-Learning (Pembelajaran On-line)
Situs Jejaring Sosial Universitas Ahmad Dahlan
Situs Penjadwalan Dosen,Kuliah dan Ruang Kuliah
Perpustakaan Digital
Situs Lembaga Pengabdian Masyarakat
Situs Blog Dosen,Karyawan dan Mahasiswa
Situs ISO,E-book dll
Situs repository
Situs Jurnal Ilmiah Universitas Ahmad Dahlan

[sunting] Kemahasiswaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar