Jumat, 04 November 2011

Pendidikan - SMAN 1 Yogyakarta (Teladan) Yogyakarta

SMA Negeri 1 Yogyakarta merupakan SMA di Yogyakarta. Oleh masyarakat Yogyakarta, sekolah ini sering disebut juga dengan nama SMA Teladan.

Daftar isi

 [sembunyikan

[sunting] Sejarah

Pada tahun 1954, Kepala Urusan Pendidikan SMA Depdikbud menugaskan beberapa SMA untuk mengadakan kurikulum baru, kemudian SMA-SMA ini disebut sebagai SMA Teladan. Berdirinya SMA-SMA Teladan yang ada di Jakarta, Medan, Surabaya, Bukit Tinggi, dan Yogyakarta didasari oleh SK Mendikbud nomor 12807/a/c pada tanggal 16 Desember 1957. SMA Teladan sendiri terdiri menjadi tiga bagian. Bagian A bermaterikan Sastra Budaya, bagian B mengajarkan Ilmu Pasti, dan bagian C bermaterikan Sosial Ekonomi. SMA Negeri 1 Yogyakarta yang semula adalah sekolah Algemere Midlebaar School (AMS) Afdeeling Yogyakarta, kemudian berubah nama menjadi SMA Teladan A.
SMA Negeri 1 Yogyakarta adalah SMA Teladan Bagian A, tapi karena dianggap berhasil, maka pada tanggal 30 November 1962 melalui SK Mendikbud nomor 34/SK/BIII, mengangkat SMA Teladan A menjadi Teladan ABC. Tak lama setelah itu, keluar instruksi dari Depdikbud untuk menerapkan eksperimen kurikulum SMA Teladan di seluruh Indonesia. SMA Teladan ABC Yogyakarta pun berubah namanya menjadi SMA Negeri 1 Yogyakarta. Namun hingga sekarang, orang lebih mengenal SMA Negeri 1 Yogyakarta dengan nama SMA Teladan.
Pada tahun 1998, ditunjuk sebagai sekolah berwawasan unggulan[1].
Pada tahun 2002, mulai membuka program kelas akselerasi [2]. SMA Negeri 1 Yogyakarta juga ditunjuk sebagai Sekolah Model Budi Pekerti dan oleh Kandepag juga ditunjuk sebagai Sekolah Model Pendidikan Agama Islam.
Pada tahun 2004, mulai membuka program kelas bertaraf internasional. Angkatan pertama kelas internasional telah mengikuti tes International General Certificate of Secondary Education (IGCSE) yang diadakan oleh Universitas Cambridge.
Pada tahun 2005, menjadi Sekolah Nasional Bertaraf Internasional (SNBI). Pada tahun yang sama, sekolah ini mendapatkan sertifikasi dari Universitas Cambridge untuk menjadi Cambridge Center[3].
Mulai tahun ajaran 2008 - 2009 mulai menerapkan RSBI dan sistem moving class untuk semua kelas.
Pada tahun 2009, telah dilakukan audit eksternal oleh Lembaga Sertifikasi Manajemen Mutu Bureau Veritas dari Perancis. Dari penilaian tersebut dapat dipastikan SMA Negeri 1 Yogyakarta pantas dan berhak mendapat Sertifikat ISO 9001 : 2008 dengan nilai yang baik.
9 Oktober 2011 04.05 (UTC)Memakai Baju Seragam9 Oktober 2011 04.05 (UTC)~~ Setiap Hari Senin Dan Selasa Siswa Memakai Baju Biru Putih Hari Rabu dan Kamis Siswa Memakai Baju Batik Hari Jumat Siswa Memakai Baju Pramuka Hari Sabtu Siswa Memakai Baju Bebas

[sunting] Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di SMA Negeri 1 Yogyakarta terutama disediakan untuk berbagai kegiatan siswa,baik untuk pembelajaran maupun pengembangan kesiswaan, serta untuk pendukung penyelenggaraan pendidikan. Adapun fasilitas tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Ruang Belajar 29 kelas, lengkap dengan DVD Player, TV, Proyektor OHP, Proyektor LCD, dan kipas angin.
  2. Laboratorium Multimedia
  3. Laboratorium Fisika
  4. Laboratorium Kimia
  5. Laboratarium Biologi
  6. Laboratorium Bahasa
  7. Laboratorium Komputer
  8. Internet dan Hotspot di 8 titik
  9. Perpustakaan dengan Ruang Baca lesehan
  10. Ruang-ruang Kegiatan Kesiswaan
  11. Kantin dan Rumah Penjaga sekolah
  12. Ruang Pertemuan / Ruang Sidang
  13. Aula dan Panggung
  14. UKS
  15. Koperasi Siswa
  16. Ruang BP / BK
  17. Ruang Kepsek
  18. Ruang Guru
  19. Ruang TU
  20. Ruang BPIBK
  21. Ruang Audio / Visual
  22. Ruang Kesenian Karawitan
  23. Masjid, Ruang Agama Kristen, Ruang Agama Katholik
  24. Tempat parkir
  25. Lapangan Olahraga (basket, volley, tenis, badminton, tenis meja), Wall, dan sebagainya.

[sunting] Jam Belajar

Jam belajar hari Senin dari jam 08.00-14.00 jika upacara. Atau, dari jam 07.15-13.15 jika tidak upacara. Upacara diadakan 2 minggu sekali. Jam belajar hari Selasa-Kamis dan Sabtu dari jam 07.15-14.00. Istirahat pertama dari jam 09.30-09.45 dan kedua dari jam 12.00-12.30. Jam belajar hari Jum'at dari jam 07.15-11.20. Istirahat dari jam 09.15-09.30. Jam ke-0 (Pendalaman Materi dan PMKT) dari jam 06.30-07.15.
Gerbang utama ditutup jam 08.00. Bagi siswa yang telat akan di hukum sampai istirahat pertama hari senin siswa masuk jam 07.00-13.00. hari selasa sampai kamis siswa masuk jam 07.10-13.00. hari jum'at siswa masuk jam 07.00-12.00. hari sabtu siswa masuk jam 09.00-13.00. setiap hari sabtu siswa kelas 3 masuk jam 09.15-12.00.

[sunting] Kegiatan Ekstrakurikuler

Di Teladan, ekstrakurikuler lebih dikenal dengan nama Sie Otonom (Sinom) dan Sie Non Otonom. Ruang Sinom terletak di barat lapangan basket. Urutan dari Sinom yang letaknya di selatan sampai utara.

[sunting] Nila Pangkaja (Teater)

Nila Pangkaja adalah sie otonom yang berdiri 32 tahun yang lalu dan bergerak dalam bidang teater. Anggota dari Nila Pangkaja disebut Crew NP yang diketuai oleh Kaisar. Saat ini Sudah ada 33 crew.

[sunting] SIGMA (Jurnalistik)

SIGMA adalah salah satu Sinom di SMA Negeri 1 Yogyakarta yang mengusung slogan "Wadah Komunikasi dan Kreativitas". SIGMA bertempat di pojok lapbas nomor dua. SIGMA mencetak majalah SIGMA setiap 6 bulan, buletin SIGMATIMES (berita dalam Teladan) dan SIGMALINE (berita luar Teladan) setiap bulannya. SIGMA menerima pesanan cetak seperti stiker, spanduk, pamflet, dll. SIGMA juga memiliki website di www.sigmagazine.net

[sunting] Teladan Junior Red Crescent (PMR)

Adalah organisasi ke-PMRan di SMA N 1 YK yang memiliki jargon "LOVING ALL LIVING" . Bascampnya bernama markaz terletak di deret ruang sinom nomor 3 dari selatan yang berada di sebelah timur lapangan basket SMAN 1 YK. Hingga kini anggotanya sudah terdiri dari 23 strata.

[sunting] Teladan Science Club (KIR)

Teladan Science Club adalah sie otonom di bidang penelitian atau karya ilmiah remaja yang mempunyai slogan "We Search, We Find, We Solve". TSC terbentuk pada tanggal 27 Mei 1983. TSC mempunyai ruang basecamp yang bernama 'Habitat' atau biasa disebut "Habit'. Setiap angkatan dalam TSC disebut level dan di tahun 2011 ini sudah ada 28 level. TSC mempunyai blog resmi yang beralamat di http://www.tsc.web.id.

[sunting] Scout (Pramuka)

Scout merupakan organisasi Pramuka di SMA Negeri 1 Yogyakarta mengusung Jargon "Shout Scout Out Loud". Basecamp Scout bertempat di ruang organisasi paling utara. Scout memiliki beberapa Program Umum dan Insidental. Diantaranya ada ODT,Buber,Syawalan,Donor Darah Scout,PDT,LG SMA N 1 Yogyakarta, Rafting dll.

[sunting] Teladan Hiking Association (Pencinta Alam)

Teladan Hiking Association (THA) adalah sie otonom di bidang kepencintaalaman dengan slogan "Adventure is our soul, environment is our life". THA merupakan sienom tertua yang dibentuk pada tanggal 22 Mei 1972. Saat ini telah terdapat 38 angkatan dengan jumlah anggota kurang lebih 750 orang. THA mempunyai 3 Departemen yang mengampu kegiatan utama antara lain : Hiking, Caving, dan Rock Climbing. Serta kegiatan-kegiatan lain yaitu : Rafting, Reboisasi, Beach Camp, Sarasehan, Fun Bike, dan lain-lain.
Adapun sie non-otonom antara lain :

[sunting] All Nation Teenagers

Logo ANT
All Nation Teenagers (ANT) merupakan sebuah multi-languages club di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing siswa/i SMA Negeri 1 Yogyakarta, ANT mengadakan pertemuan (meeting) rutin setiap minggunya sesuai dengan departemen bahasa yang diambil. Selain itu, ANT juga memiliki misi untuk meningkatkan dan menambah pengetahuan global kepada siswa/i SMA Negeri 1 Yogyakarta. ANT juga telah menyelenggarakan beberapa event seperti EAST ASIAN DAY, TELADAN UBIQUITOUS COMPETITION (Tebico), dan ANT BLOG Competition (ABC) mengingat motto ANT yang berbunyi, Learning and Sharing. ANT memiliki blog resmi di ANT Official Blog].

[sunting] Teladan Robotic Club

Teladan Robotic Club merupakan sebuah ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Yogyakarta yang bergerak dalam bidang kreasi elektronika dalam bentuk robot.

[sunting] Kasat (Pecinta Sastra)

Sie Non Otonom yang bergerak penuh di bidang pembuatan puisi dan pembacaannya.

[sunting] Filatelis Friends (FF)

Kegiatan yang diikuti oleh siswa/i-nya pecinta, pengumpul, dan pengoleksi perangko. Kegiatan yang baru beberapa tahun ini berdiri dan selalu bekerjasama dan mengadakan kegiatan dengan event perangko nasional di setiap tahunnya. FF Teladan adalah ekstrakulikuler filateli satu-satunya yang ada di SMA se-Daerah Istimewa Yogyakarta dan bekerjasama dengan Kantor Pos Indonesia. Perangko yang kini semakin jarang didapatkan karena perkembangan informasi dan teknologi dunia yang semakin canggih membuat kelompok ini semakin giat dalam membangun ukhuwah sesama pecinta perangko yang lainnya.

[sunting] Peleton Inti (TONTI)

Adalah Sie Non-Otonom yang menangani bidang baris-berbaris. Tonti adalah salah satu sarana agar kita dapat melatih kedisiplinan, kekeluargaan, kebersamaan dan kepedulian. Sehingga, Tonti tidak hanya berisi baris-berbaris. Kebanyakan anggota Tonti benyak dipilih menjadi panitia-panitia pada berbagai kegiatan. Tonti SMAN 1 Yogyakarta memiliki nama Tonti Teladan.

[sunting] Alumni

[sunting] KATY

KATY (Keluarga Alumni Teladan Yogyakarta) adalah organisasi yang menampung dan mengelola seluruh lulusan maupun mantan pelajar sekolah ini. Hingga akhir tahun 2007, organisasi ini telah beranggotakan 12.000 orang. Fungsi utama organisasi ini adalah untuk pengelolaan sumber daya alumni untuk kepentingan almamater. Organisasi ini dikelola oleh Pengurus Pusat yang berkantor pusat di Yogyakarta. Organisasi ini juga mempunyai beberapa koordinator daerah cabang.

[sunting] KSAI Al Uswah

KSAI Al Uswah (Kelompok Studi dan Amaliyah Islam) adalah organisasi yang menampung dan mengelola seluruh lulusan maupun mantan pelajar sekolah ini yang beragama Islam. Organisasi ini mempunyai tujuan utama melakukan dakwah Islam di kalangan alumni dan juga almamater. Nama "Al Uswah" berasal dari bahasa Arab yang berarti "Teladan", yang mana sesuai dengan nama sekolah ini.

[sunting] ROHKAT-ROHKRIS Teladan

ROHKAT-ROHKRIS TELADAN adalah organisasi yang menampung dan mengelola seluruh lulusan maupun mantan pelajar sekolah ini. Beranggotakan alumni-alumni SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta yang beragama Katholik dan Kristen Protestan. Fungsi utama organisasi ini adalah untuk pengelolaan sumber daya alumni untuk kepentingan almamater. Organisasi ini dikelola oleh para alumni Rohkat-kris Teladan. Melalui organisasi ini, anggota Rohkatkris Teladan saling berkomunikasi dan mengadakan acara-acara seperti retret, refleksi, atau misa (ekaristi)/kebaktian bersama.

[sunting]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar